Rabu, 01 Agustus 2012

PROFIL NIZAR FM

almarhum KH Abdul Majid
Radio NIZAR FM merupakan radio komunitas yang berada dibawah naungan madrasah "MIFTAHUL HUDA". NIZAR FM didirikan pada hari Rabu, 03 Desember 2003 yang di pelopori oleh para santri asuhan almarhum KH Abdul Majid. Sebagai radio komunitas yang bernuansa islami NIZAR FM merupakan wadah/lembaga penyalur dakwah Islam. Menyiarkan pengajian Rabu pagi, pengajian kitab Ihya’ ulumuddin, pengajian KH Mochtarom, dan pengumuman FORSA IPNU-IPPNU, merupakan beberapa contoh kegiatan NIZAR FM dalam rangka menyebarkan syiar islam. 

PROGRAM SIARAN AGAMA ISLAM DI NIZAR FM 
Alm.KH Mochtarom
Program siaran bernuansa agama Islam di radio Nizar FM telah dilaksanakan sejak awal berdirinya. Hal itu merupakan konsekwensi logis bagi Nizar FM sebagai salah satu radio ngaji di Tulungagung, yang mengusung jargon "Penyambung Lidah Umat". Dengan format siaran yang bernuansa Islami Nizar FM telah menjatuhkan pilihan pada segmentasi kepada santri, pelajar, mahasiswa dan dewasa. Merupakan suatu hal yang wajar ketika Nizar FM memilih format siaran dan segmentasi seperti di atas, karena secara hierarkis Nizar FM merupakan kepanjangan tangan dari Madrasah Miftahul Huda Bendiljati Wetan sebagai media dakwah yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Radio sebagai salah satu unsur komunikator dalam media massa, khususnya Nizar FM yang berorientasi dakwah harus memiliki strategi dakwah yang bagus, sehingga sasaran dakwah dapat menerima dengan baik pesan keagamaan yang disampaikan oleh penyiar, unsur penyampai dalam komunikasi massa. Ini sesuai dengan landasan teori yang menjelaskan bahwa rancangan strategi dakwah yang simultan memanfaatkan kemajuan teknologi siaran dan mengembangkan metode konvensional merupakan solusi alternatif yang efisien dan cukup efektif untuk menjawab tantangan dakwah di era globalisasi. Radio sebagai media dakwah merupakan media yang cukup efektif dan sangat tepat untuk dipiih sebagai media, dan siaran sisipan agama Islam kontekstualisasi dari dakwah kreatif melalui radio. Santri, pelajar, mahasiswa dan orang dewasa merupakan audiens yang menjadi segment dari Nizar FM sejak menjadi resmi menjadi radio siaran tahun 2003, walaupun tidak menutup kemungkinan pendengar dari luar kelompok ini. Oleh karena itu Nizar FM menyapa pendengar setianya dengan sapaan “Sobat Nizar”. Ajaran agama yang menjadi menu pada sebagian besar materi program siaran Nizar FM merupakan hal berat bagi pendengar usia SMP-SMA, yang tentunya diusia mereka yang masih belia, mereka lebih menyukai lagu-lagu yang berisi tentang percintaan antara pria dan wanita, ciri khas stasiun radio konvensional yang lebih mengedepankan unsur hiburan murni. Untuk itu Nizar FM tetap mempertahankan acara-acara hiburan dengan segmen remaja maupun dewasa. Radio Nizar FM adalah stasiun radio yang hanya memiliki sedikit personil dibandingkan dengan radio komersil. Oleh karenanya dengan sedikitnya kru yang dimiliki Nizar FM, bagaimana Nizar FM dapat bekerja dengan efisien? Radio Nizar FM memiliki dua kategori karyawan, yaitu: karyawan tetap, yang meliputi bagian administrasi, marketing periklanan, dan programer. Karyawan tidak tetap, yaitu yang bekerja paruh waktu atau part time, terdiri dari penyiar dan reporter. Untuk karyawan tetap, kebanyakan mereka sudah lama bekerja di Nizar FM, jadi rata-rata sudah memiliki dedikasi yang tinggi di radio ini, terlebih karena sebelumnya mereka sudah berpengalaman di stasiun lain dan menemukan kedamaian di Nizar FM, walaupun secara finansial tidak banyak yang bisa mereka harapkan, akan tetapi mereka mereka merasa cukup. 

 LATAR BELAKANG 
Radio merupakan salah satu sarana komunikasi yang sangat fleksibel dan dapat didengarkan di manapun anda berada. Seperti di mobil, di rumah, maupun saat kita sedang beraktifitas di jalan. Selain memberikan informasi dan hiburan, NIZAR FM merupakan suatu radio komunitas yang bernuansa islami. Dengan kata lain NIZAR FM merupakan lembaga dakwah yang memberikan wawasan tentang keagamaan, khususnya Agana Islam Dalam persaingan bisnis yang kian seru, dibutuhkan promosi untuk memperkenalkan produk ataupun jasa, Promosi ini perlu penanganan khusus dan serius bagi perusahaan, sehingga dapat membuahkan hasil yang tepat guna di masa mandatang. Salah satu upaya melakukan promosi yang menarik adalah melalui iklan radio. Melalui media radio kita dapat memperkenalkan produk ataupun jasa kita secara efektif dan mudah diterima oleh khalayak ramai. Terkait dengan latar belakang pemikiran tersebut di atas, maka kami mengajukan proposal sponsor radio sebagai sarana promosi. 

MAKSUD DAN TUJUAN 
Melihat bahwa radio merupakan media audio yang dapat dinikmati oleh semua kalangan kapan saja dan dimana saja. Kami sadar bahwa radio NIZAR FM merupakan sarana promosi usaha yang efektif Demi mencapai tujuan tersebut kami memerlukan dana penunjang, sebagian dana digunakan untuk biaya operasional dan sebagian disumbangkan kepada madrasah MIFTAHUL HUDA. Sebagai imbal balik dana yang telah anda berikan, kami akan mempromosikan usaha anda melalui radio 

SPESIFIKASI RADIO SEGMEN PENDENGAR DAN PEMANCAR 
Power 300 Watt. Jenis antena TELEX Tinggi antena 30 meter. Audio Mixer GT 02006 RM. FREKWENSI Mengudara di frekwensi 106.10 Mhz. JANGKAUAN SIARAN Barat (sebagian)Trenggalek ( Kec. Dongko, Tugu, Kec. Pogalan. Prigi dan sekitarnya) Utara area gunung wilis ( sendang, Pagerwojo), blitar bagian barat dan Kediri selatan Timur - Tulungagung Timur dan sebagian Blitar Selatan – Campurdarat, bandung dan sekitarnya ( berdasarkan Survey dan request pendengar)

Bookmark and Share
Artikel yang berhubungan :


3 komentar:

Unknown mengatakan...

update biografi atau kiprah mbah haji Majid dong.

Unknown mengatakan...

Pengen tahu lebih dalam dengan soso KH MUHTAROM ALM....
Minta tolong biografi nya dan sekarang di makam kan di mana...
Karna ceramah nya bner2 real tentang kehidupan ber masyarakat

Unknown mengatakan...

Pengen tahu lebih dalam dengan soso KH MUHTAROM ALM....
Minta tolong biografi nya dan sekarang di makam kan di mana...
Karna ceramah nya bner2 real tentang kehidupan ber masyarakat

Posting Komentar

QURAN

MULTI TAB 1

PITAKONAN

MULTI TAB 2

HTML

MULTI TAB 3

MULTI TAB 4

MULTI TAB 5

ST2



NEWS PORTAL

PORTAL BERITA

« »
« »
« »
Get this widget

Postingan Populer

MULTI TAB 7

Kategori


CHART INDO

chart indo

Buku Tamu

MULTI TAB 10

Daftar Blog Saya

MULTI TAB 11




 
KEMBALI KEATAS
') }else{document.write('') } }